Profil STIKOM Arthabuana

         Perguruan tinggi memiliki peran yang besar dalam pembangunan bangsa. Melalui fungsi transformasi sumber daya manusia, IPTEKS Dan Sosial, perguruan tinggi menempati posisi yang strategis dalam perubahan masyarakat. Bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan besar, dengan datangnya era globalisasi dan liberalisasi ekonomi. Oleh karena itu perguruan tinggi, termasuk STIKOM Artha Buana Kupang, harus mampu menjawab tantangan masa depan tersebut, dengan melaksanakan peran yang sebaik-baiknya.

         Agar upaya yang akan dilakukan untuk kurun waktu sepuluh tahun mendatang sesuai dengan kondisi lembaga dan akurat, maka perlu mem­perhatikan wawasan sejarah (masa lalu), masa kini, dan masa yang akan datang. Sekolah Tinggi Informatika Komputer Artha Buana Kupang didirikan pada tanggal 2 Maret 2005 dengan misi, menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif terhadap perkembangan teknologi informasi serta berbudi pekerti luhur, menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja serta mampu bersaing, mengembangkan STIKOM Artha Buana Kupang sebagai pusat Pendidikan, Penelitian, Pengabdian untuk Pengembangan IT.

         Sekolah Tinggi Informatika Komputer(STIKOM) Artha Buana Kupang didirikan pada tahun 2005, dan proses pembentukannya berdasarkan :

  1. Akte Notaris Silvester J. Mambaitfeta, SH Nomor : 7, Tanggal 1 April 2000 tentang pendirian Yayasan Gemma Galgani.
  2. Akte Notaris Zantje Mathilda Voss-Tomasowa, SH., M.kn Nomor 27, tanggal 8 November 2010 tentang Akta Pendirian Yayasan Soekarto
  3. Akta Notaris Zantje Mathilda Voss-Tomasowa, SH., M.kn Nomor 23, tanggal 12 Januari 2011 tentang pelimpahan wewenang Hak Penyelenggaraan dan Kelola Sekolah Tinggi Informatika KomputerArtha Buana Kupang – Nusa Tenggara Timur.
  4. SK MENKUM DAN HAM RI NOMOR : AHU-1276.AH.01.04.Tahun 2011, tentang Pengesahan Yayasan Soekarto.
  5. Sesuai dengan Program Kerja Yayasan Gema Galgani pada Bab III, Pasal 3, menyelenggarakan / mendirikan Lembaga Pendidikan, dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai Perguruan Tinggi (PT). Dengan dasar ini maka Yayasan Gema Galgani telah bertekad untuk mendirikan Sekolah Tinggi Informatika Komputer(STIKOM) Arthaa Buana Kupang.
  6. Sekolah Tinggi didirikan secara resmi oleh Yayasan Gema Galgani dengan Surat Keputusan Yayasan No.2/YGG/III/2002.
  7. SK Mendiknas No. 193/D/O/2005 tentang Ijin Operasional , tanggal 29 Desember 200.

         Yayasan Soekarto Indonesia, mendirikan Sekolah Tinggi Informatika Komputer (STIKOM) Artha Buana Kupang dengan didasarkan pada pertimbangan sebagai berikut:

  1. Bahwa sesuai dengan kenyataan dan data yang ada bahwa di propinsi Nusa Tenggara Timur terdapat sekitar 1800 SMU/SMK yang tersebar di 13 Kabupaten dan 1 Kota Madya.
  2. Bahwa lulusan SMU/SMK dari tahun ke tahun terus meningkat, sementara baru sedikit Lembaga Pendidikan Tinggi Kejuruan/Keahlian yang menampungnya.
  3. Bahwa untuk melanjutkan pendidikan/studi keluar wilayah Nusa Tenggara Timur bagi anak dari keluarga yang berekonomi lemah merasa sangat berat.
  4. Bahwa untuk menjawab tuntutan perkembangan kemajuan dan kompleksitas perubahan di masa mendatang (terhadap globalisasi khususnya era pasar bebas di bidang teknologi yang semakin pesat, maka penyiapan Sumber Daya Manusia yang berdaya saing tinggi mutlak diperlukan.
  5. Bahwa Yayasan Soekarto Indonesia dengan Sumber Daya Manusia (Tenaga pengajar); sarana dan prasarana (Gedung perkuliahan, kantor, perpustakaan, laboratorium) siap menyelenggarakan pendidikan bersifat akademika di bidang Komputer.

         Setelah memperhatikan beberapa hal di atas, mencermati kondisi saat ini, meng­kaji kecenderungan masa depan, dan seiring dengan kemajuan pem­bangunan nasional, maka Sekolah Tinggi Informatika Komputer Artha Buana Kupang dituntut mampu menyelenggarakan pendidikan yang sehat dan bertanggungjawab.